Jumat, 02 Juli 2021

Mengenal Internet of Things

Oleh; Winarto

Internet of Things
atau sering dikenal IoT adalah suatu system yang menghubungkan satu data atau informasi dengan data tau informasi yang lainya dengan menggunakan jaringan internet. Internet of Things atau IoT dapat juga disebut sebagai teknologi komunikasi antar mesin dengan menggunakan koneksi internet. Dalam era 4.0 ini IoT menjadi suatu yang sangat penting dan merupakan suatu keharusan dalam semua aspek atau bidang kehidupan. Lebih-lebih dalam bidang pendidikan pemanfaatan IoT wajib dilakukan, jika pendidikan kita tidak ingin tertinggal dengan kemajuan jaman.
Pada dasarnya Istilah “Internet of Things” terdiri atas dua bagian utama yaitu Internet yang mengatur konektivitas atau keterkaitan dan Things yang berarti objek atau perangkat. Secara sederhana, kita memiliki “Things” berupa kemampuan untuk mengumpulkan data dan informasi dan kemudian mengirimkannya ke jaringan Internet. Data dan informasi ini juga dapat diakses oleh “Things” lainnya dengan jaringan internet. Sehingga antara data dan informasi yang satu akan salig terhubung dengan data dan informasi yang lainnya.

Manfaat Internet of Things
1. Meningkatkan Kualitas Konektivitas
Di era 4.0, konektifitas data dan informasi menjadi sangat penting dan perlu. Melalui IoT maka akan membantu memudahkan dalam proses konektivitas antar perangkat atau mesin. Semakin bagus koneksi antar jaringan baik, maka sistem perangkat dapat berjalan dengan lebih cepat dan fleksibel.
Konektivitas yang handal akan dapat membantu kecepatan dalam mengambil keputusan. Sehingga dalam era digital kita akan dibuat lebih mudah, yakni kemampuan konektivitas dari banyak hal melalui satu perangkat. Lebih simple, efektif dan efisien.

2. Ketercapaian Efisiensi
Manfaat internet of things yang kedua adalah tercapainya efisiensi kerja. Suatu pekerjaan yang dahulunya melibatkan banyak peralatan dan munusia mungkin, sekarang cukup dengan bebrapa perangkat yang tidak ribet. Pekerjaan menjadi semakin cepat dan efisien dari hal biaya. Semakin banyak konektivitas jaringan yang terbentuk, semakin kecil pula jumlah penurunan waktu untuk melakukan tugas. Sehingga, aktivitas dan kinerja manusia menjadi lebih terbantu dengan adanya IoT.

3. Meningkatkan Efektivitas 
Dengan menggunakan internet of things, maka suatu pekerjaan akan menjadi semakin efektif. Ukuran efektivitas ini adalah ketercapaian hasil kerja. Selain hal tersebut kita juga dipermudah untuk mengontrol dan monitoring sebuah pekerjaan, karena dengan control dan monitoring yang tepat maka efektifitas juga akan naik.

Cara Kerja IoT
Cara Kerja Internet of Things itu seperti apa? Sebenarnya IoT bekerja dengan memanfaatkan suatu argumentasi pemrograman, dimana tiap-tiap perintah argumen tersebut bisa menghasilkan suatu interaksi antar mesin yang telah terhubung secara otomatis tanpa campur tangan manusia dan tanpa terbatas jarak berapapun jauhnya.
Jadi, Internet di sini menjadi penghubung antara kedua interaksi mesin tersebut. Lalu di mana campur tangan manusia? Manusia dalam IoT tugasnya hanyalah menjadi pengatur dan pengawas dari mesin-mesin yang bekerja secara langsung tersebut.

Semoga bermanfaat!!!!

Referensi: jagoanhosting.com
                 dewaweb.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Lima Perkara Yang Tidak Boleh Ditunda Tunda

Oleh: Winarto Setiap manusia memiliki takdir kematian yang tidak mengenal usia muda ataupun tua. Tidak pula mengenal jenis kelamin baik pere...