Sabtu, 27 April 2024

Kesiapan Pembelajaran

Oleh : Winarto
Pembelajaran adalah proses interaksi yang dilakukan peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Secara sederhana, pembelajaran dapat diartikan sebagai sebuah usaha yang disengaja untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.
Proses pembelajaran melibatkan berbagai unsur, yaitu: Pertama: Peserta didik: Individu yang aktif dalam proses pembelajaran dan mengalami perubahan perilaku. Kedua: Pendidik: Fasilitator yang membantu peserta didik dalam proses pembelajaran. Ketiga: Sumber belajar: Berbagai hal yang dapat digunakan peserta didik untuk belajar, seperti buku, modul, internet, dan lingkungan belajar. Keempat: ;Lingkungan belajar: Tempat di mana proses pembelajaran berlangsung, baik secara fisik maupun non-fisik.
Tujuan utama pembelajaran adalah untuk membantu peserta didik mencapai perubahan perilaku. Perubahan perilaku ini mengacu pada 4 unsur yaitu :
  1. Pengetahuan: Kemampuan untuk memahami dan mengingat informasi.
  2. Keterampilan: Kemampuan untuk melakukan sesuatu dengan baik.
  3. Sikap: Kecenderungan untuk berperilaku dengan cara tertentu.
  4. Nilai: Keyakinan dan prinsip yang dipegang teguh.
Pembelajaran akan berjalan secara efektif apabila dilakukan sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik (teaching at the right level).  Hal tersebut merupakan  pendekatan pembelajaran yang berpusat pada kesiapan belajar dan pemahaman peserta didik, bukan hanya pada tingkatan kelas. Apa tujuan pendekatan pembelajaran ini? Terdapat 3 hal dari tujuan pendekatan kesiapan belajar ini, yaitu:
  1. Sebagai pemenuhan hak peserta didik mendapatkan pembelajaran yang dapat memunculkan dan menguatkan potensinya sesuai tujuan filosofi pembelajaran Ki Hadjar Dewantara.
  2. Memberikan waktu yang cukup untuk penanaman karakter yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila dan penumbuhan kompetensi peserta didik sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang berlaku.
  3. Menghadirkan pembelajaran yang lebih efektif, menyenangkan, dan bermakna.
Bagaimana Penerapannya?
#1. Dengan Asesmen Awal Pembelajaran dan penyesuaian Tujuan Pembelajaran
Pembelajaran diawali dengan pemetaan kemampuan prasyarat agar dapat merencanakan tindak lanjut yang tepat, termasuk melakukan penyesuaian Tujuan Pembelajaran. Kemajuan hasil belajar selanjutnya dilakukan secara berkelanjutan. Peserta didik yang belum mencapai capaian pembelajaran mendapatkan pendampingan agar mencapai capaian pembelajarannya.
#2. Dengan pembelajaran berdiferensiasi
Peserta didik dalam fase perkembangan yang sama bisa memiliki tingkat pemahaman dan kesiapan yang berbeda. Karena itu, pada model pembelajaran ini, cara dan materi pembelajaran divariasikan berdasarkan tingkat pemahaman dan kesiapan peserta didik.

Bagaimana Tahapan Pelaksanaannya?
Secara garis besar tahapan pelaksanaan pembelajaran dan asesmen pada pendekatan teaching at the right level adalah sebagai berikut:
#1. Asesmen Awal Pembelajaran
Asesmen di awal pembelajaran bertujuan untuk menilai kesiapan masing-masing peserta didik untuk mempelajari materi yang telah dirancang. Pendidik melakukan asesmen untuk mengenali potensi, karakteristik, kebutuhan, dan perkembangan peserta didik. Berdasarkan hasil asesmen, pendidik memodifikasi rencana yang telah dibuatnya dan/atau membuat penyesuaian untuk sebagian peserta didik.
#2. Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran
Pendidik menyusun perencanaan pelaksanaan pembelajaran, yang mencakup rencana penilaian dalam bentuk asesmen formatif yang akan dilakukan di awal pembelajaran dan selama pembelajaran berlangsung, serta asesmen sumatif.
#3. Pelaksanaan Pembelajaran
Selanjutnya dalam proses pembelajaran, guru harus memastikan semua peserta didik dapat terlayani secara optimal. Memfasilitasi proses pembelajaran guna memastikan pencapaian dan peningkatan kompetensi peserta didik dengan memanfaatkan berbagai bentuk model penilaian atau asesmen.
#4. Asesmen Sumatif
Melaksanakan asesmen di akhir untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran. Asesmen ini juga bisa digunakan sebagai asesmen awal pada pembelajaran berikutnya.

Semoga Bermanfaat...!

Related Posted:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Menghilangkan Key Produck pada Microsoft

Oleh: Winarto Sobat semua, sering kali apabila kita menggunakan microsoft kita diminta untuk memasukkan kunci produk, agar semua fasilitas p...