Jumat, 06 Agustus 2021

Buah ini...Bikin Paru paru Sehat.!!!

Paru-paru adalah salah satu organ dalam tubuh yang sangat vital berhubungan dengan sistem pernapasan pada manusia. Paru-paru memiliki fungsi menukar oksigen (O2) dari udara dengan karbon dioksida (CO2) dari dalam darah. Dengan demikian, menjaga kesehatan paru-para menjadi sangat penting, karena terganggunya kerja paru-paru dapat memengaruhi fungsi tubuh dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Lebih-lebih di masa pandemic COvid-19 seperti sekarang ini, kita harus selalu waspada dan menjaga kesehatan paru-paru kita.
Bagaimana agar-paru-paru kita tetap sehat? Pastikan kita menaga pola makan dan pola hidup kita tetap baik. Selain hal tersebut pastikan kita untuk tidak merokok, lingkungan yang kita tempati harus bersih agar O2 yang masuk ke dalam tubuh juga baik. Selain hal tersebut selalu konsumsi buah yang banyak mengandung antioksidan tinggi yang dapat meningkatkan kesehatan paru-paru. 
Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa buah yang dipercaya mampu meningkatkan kesehatan paru-paru kita.
1. Apel
Apel punya segudang manfaat kesehatan, termasuk untuk menjaga kesehatan paru-paru. Dalam apel segar mengandung banyak vitamin C yang erat kaitannya dengan nutrisi penangkal flu, termasuk batuk dan pilek. Vitamin C merupakan nutrisi yang baik untuk kesehatan paru-paru, mencegah perkembangan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), termasuk emfisema dan bronkitis kronis. Vitamin C dalam apel juga mencegah dan mengendalikan gejala asma.
Sebuah penelitian yang dilakukan pada ibu hamil menunjukkan konsumsi apel menurunkan risiko anaknya mengalami gejala asma. Jadi apel termasuk buah yang baik dikonsumsi oleh semua kalangan.
Sebelum mengonsumsi apel, pastikan untuk mencuci sampai bersih di bawah air mengalir.
2. Nanas
Nanas juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan paru-paru. Buah ini mengandung antioksidan yang tinggi sehingga berguna untuk membersihkan zat berbahaya dalam paru-paru.
Kamu bisa mengonsumsi nanas segar ataupun dalam bentuk jus. Jika mengolah nanas sebagai jus, jangan gunakan gula tambahan. Kamu bisa menggantinya dengan madu. Rasa nanas yang manis asam juga dapat menyegarkan tubuh setelah beraktivitas.
3. Tomat
Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi dalam tomat diklaim dapat membersihkan sistem pernapasan dengan baik. Konsumsi tomat secara rutin dapat melancarkan sistem pernapasan terutama bagi perokok.
Tomat bisa dimakan langsung, dibuat minuman ataupun dicampurkan dalam masakan. Tomat juga mengandung likopen yang baik untuk kesehatan kulit sehingga membuatnya tampak segar dan halus.
4. Blueberry
Blueberry juga mengandung antioksidan dan vitamin C yang sangat tinggi. Buah bulat kecil yang memiliki warna gelap ini dipercaya mampu memberantas kerusakan radikal bebas yang bisa menyerang paru-paru.
Blueberry punya rasa enak dan bisa dijadikan berbagai olahan. Meskipun harganya agak tinggi, tapi sebanding dengan khasiat yang didapatkannya. Antioksidan dalam blueberry juga membantu membuang racun dalam tubuh.
5. Delima
Buah satu ini dikenal sebagai buah anti kanker paru-paru, terutama bagi perokok aktif. Buah delima dipercaya bisa mencegah timbulnya penyakit kronis dan berfungsi untuk menghambat tumbuh kembangnya sel-sel kanker.
Sebuah penelitian menyebutkan buah delima segar ini memiliki ekstrak yang efektif dan terbukti menghambat tumor hingga kanker paru-paru. Jangan ragu konsumsi delima meskipun tak ada masalah pada paru-paru kamu.
6. Anggur
Anggur segar yang dikonsumsi setiap hari bisa membantu membersihkan paru-paru. Kandungan mineral dan vitamin pada anggur bisa membersihkan organ paru-paru dengan efektif dan mencegah timbulnya berbagai penyakit dalam tubuh.
Buah anggur terkenal akan kandungan antioksidannya yang kuat. Hal ini lah yang dipercaya bahwa buah anggur dapat mencegah berbagai penyakit kronis.
7. Pisang
Buah yang memiliki warna kulit kuning ini dipercaya mampu membersihkan paru-paru. Kandungan kalium dalam pisang membantu percepat proses pembersihan paru-paru dalam tubuh.
Pisang juga mengandung potasium yang penting untuk menjaga fungsi jantung dan sirkulasi darah. Sirkulasi oksigen ke otak bisa terjamin dengan kandungan nutrisi dari pisang. Selain makan buah, kamu juga perlu menjaga lingkungan agar tetap mendapat udara segar, menjauhi asap rokok dan menerapkan pola hidup sehat.
Sumber: detikhealth

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Lima Perkara Yang Tidak Boleh Ditunda Tunda

Oleh: Winarto Setiap manusia memiliki takdir kematian yang tidak mengenal usia muda ataupun tua. Tidak pula mengenal jenis kelamin baik pere...