Sabtu, 07 Maret 2020

Mengenal Penyakit Asam Urat


Penyakit asam urat atau gout adalah sejenis penyakit sendi yang terjadi akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah. Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan keluar melalui urine. Tetapi dalam kondisi tertentu, tubuh dapat menghasilkan asam urat dalam jumlah berlebih atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat, sehingga asam urat menumpuk dalam tubuh..

Faktor Risiko Penyakit Asam Urat
Terdapat beberapa faktor yang dapat memicu naiknya kadar asam urat dalam darah seseorang, antara lain:
  1. Memiliki keluarga yang mengidap asam urat.
  2. Baru saja mengalami cedera atau pembedahan.
  3. Gemar konsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi, seperti daging merah, jeroan hewan, dan beberapa jenis hidangan laut (misalnya teri, sarden, kerang, atau tuna).
  4. Gemar konsumsi minuman beralkohol dan minuman tinggi gula.
  5. Kerap menggunakan obat dan beberapa obat kemoterapi.
  6. Memiliki kondisi medis tertentu, misalnya diabetes, gangguan sindrom metabolik, penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit tiroid, kolesterol tinggi, leukemia, anemia, sleep apnea, hipertensi, dan obesitas.
Penyebab Penyakit Asam Urat
Berikut ini adalah faktor yang menjadi penyebab datangnya penyakit asam urat, antara lain:
  1. Makanan yang berzat purin tinggi yang dikonsumsi, seperti Jerohan (otak, hati, usus, limpa, dll), Ekstrak daging atau kaldu daging, Daging bebek, Ikan sarden, Ikan Makarel, Kerang
  2. Banyak mengonsumsi minuman dengan gula tinggi dan minuman beralkohol
  3. Menggunakan obat-obatan dengan jenis tertentu, seperti aspirin, obat penghambat enzim, sislosporin, dan obat-obatan kemoterapi
  4. Mempunyai riwayat penyakit asam urat pada anggota keluarga.
Gejala Penyakit Asam Urat
Terdapat banyak gejala penyakit asam urat yang umum terjadi, antara lain:
  1. Sendi mendadak terasa sangat sakit.
  2. Kesulitan untuk berjalan akibar sakit yang mengganggu, khususnya di malam hari.
  3. Nyeri akan berkembang dengan cepat dalam beberapa jam dan disertai nyeri hebat, pembengkakan, rasa panas, serta muncul warna kemerahan pada kulit sendi.
Saat gejala mereda dan bengkak pun mengempis, tetapi kulit di sekitar sendi yang terkena akan tampak bersisik, terkelupas dan terasa gatal. Meski gejala penyakit ini bisa mereda dengan sendirinya, harus tetap dilakukan pengobatan untuk mencegah risiko kambuh dengan tingkat gejala yang meningkat.

Pencegahan Penyakit Asam Urat
  1. Menghindari Makanan memiliki zat Purin Tinggi.. Salah satu penyebab terjadinya asam urat adalah terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung purin. Mengurangi makanan yang bersumber dari protein hewani, seperti udang, kepiting, kuning telur, daging sapi, jeroan, kambing dan ayam, adalah pilihan yang bijaksana
  2. Perbanyak Minum Air Putih. Mengonsumsi air putih minimal 8-10 gelas per hari bertujuan untuk mengencerkan urine. Hal ini juga berfungsi untuk menghambat proses penumpukan asam urat yang berlebihan.
  3. Minum Kopi Secukupnya.
  4. Konsumsi Buah yang memiliki Antioksidan Tinggi, seperti plum, kismis, anggur, kiwi, blueberry, blackberry, strowbarry
  5. Menghindari obesitas. obesitas dapat memicu terjadinya asam urat, untuk itu kita harus mampu mengatur pola makan. hindari makan-makanan yang banyak memiliki kadar gula tinggi.
  6. Rutin berolahraga. Olah raga merupakan tindakan yang efektif untuk mencegah terjadinya samam urat. dengan olah raga yang teratur, maka toksin-toksin yang ada dalam tubuh akan keluar melalui keringat.
Semoga bermanfaat...!!!!

Related Posted:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Lima Perkara Yang Tidak Boleh Ditunda Tunda

Oleh: Winarto Setiap manusia memiliki takdir kematian yang tidak mengenal usia muda ataupun tua. Tidak pula mengenal jenis kelamin baik pere...