Sabtu, 09 Mei 2020

Menjaga Kesehatan Ginjal


Ginjal adalah salah satu organ yang memiliki fungsi krusial dalam tubuh manusia. Ginjal merupakan organ yang berfungsi untuk menyaring zat-zat sisa metabolisme dan racun yang tidak diperlukan oleh tubuh. Organ ini memiliki peran penting dalam menyaring dan membuang limbah, seperti racun, garam berlebih, dan urea yang ada dalam tubuh. Ketika ginjal bermasalah atau rusak, kondisi ini akan berpengaruh terhadap kesehatan Anda, bahkan pada kasus yang parah bisa menyebabkan kematian. Oleh sebab itu, jagalah kesehatan ginjal Anda melalui beberapa cara menjaga kesehatan ginjal berikut.
CARA MENJAG KESEHATAN GINJAL
Kesehatan ginjal perlu dijaga agar dapat berfungsi secara optimal. Hal ini sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dilakukan, namun Anda perlu membiasakan diri dalam menjalaninya. Berikut cara menjaga kesehatan ginjal yang dapat Anda lakukan:
1. Mengonsumsi Makanan Sehat
Makanan sehat umumnya mencakup berbagai nutrisi dalam jumlah yang memadai, termasuk vitamin dan mineral. Sayuran Hijau menempati urutan pertama dalam jenis makanan sehat karena kandungan nutrisi yang lengkap. Di antara jenis sayuran hijau, ada berbagai pilihan yang baik untuk dikonsumsi, seperti sawi hijau, brokolli, dan bayam dengan kandungan serat yang tinggi. Selain sayur, buah juga sangat penting dikonsumsi karena mengandung banyak vitamin. Beberapa buah yang populer dan kaya akan nutrisi, di antaranya adalah: Apel, karena banyak mengandung serat, vitamin C, dan antioksidan lain. Jeruk, yang tinggi kandungan vitamin C. Alpukat, yang kaya lemak sehat, kalium dan vitamin C. Pisang sebagai salah satu sumber kalium. Buah-buahan berry, seperti blueberry dan Straberry. Selain rendah kalori, juga kaya akan antioksidan dan serat.
Mengonsumsi makanan tidak sehat, seperti junk food, makanan bergula atau bergaram tinggi, dapat  menyebabkan HIPERTENSI, diabetes, obesitas, maupun kondisi lain yang memicu terjadinya kerusakan ginjal. Oleh sebab itu, ganti makanan tersebut dan biasakan untuk mengonsumsi makanan yang sehat, seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian, yang akan membawa dampak positif pada tubuh Anda.
2. Rutin Berolahraga
Berolahraga secara teratur tak hanya membuat tubuh bugar, namun juga bisa menjaga kesehatan ginjal. Kegiatan ini dapat menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung, yang keduanya berperan penting untuk mencegah kerusakan ginjal. Tak perlu melakukan olahraga yang berat, Anda cukup melakukan olahraga yang mudah, seperti berjalan, berlari, bersepeda, atau berenang. Lakukan setidaknya tiga hari dalam seminggu dengan durasi waktu 30-60 menit per harinya. Mulailah secara bertahap, jika sebelumnya Anda jarang atau tidak pernah berolahraga.
3. Memenuhi Kebutuhan Cairan
Terkadang orang lupa untuk memenuhi kebutuhan cairannya, padahal minum air putih dengan cukup bisa menjaga kesehatan ginjal. Air dapat membantu membersihkan natrium dan racun yang ditampung oleh ginjal sehingga menurunkan risiko penyakit ginjal kronis. Jadi, minumlah AIR PUTIH sekitar 8 gelas atau sekitar 2 liter per hari untuk menjaga ginjal tetap sehat dan optimal.
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah minum air putih akan membuat Anda lebih sering buang air kecil. Supaya ginjal tetap sehat, jangan menahan buang air kecil. Usahakan untuk selalu buang air kecil ketika tubuh Anda menginginkannya.
4. Berhenti Merokok dan Alkohol
Apakah Anda memiliki kebiasaan merokok? Jika iya, sebaiknya segeralah hentikan. Merokok dapat meningkatkan risiko kanker ginjal dan merusak pembuluh darah, yang memengaruhi ginjal dengan memperlambat aliran darah ke sana. Berhenti Merokok menjadi salah satu cara menjaga kesehatan ginjal yang mungkin cukup sulit dilakukan, namun Anda tidak akan menyesal di kemudian hari.
Selain hal tersebut hindari minum alkohol secara berlebihan, karena hal tersebut  dapat menyebabkan kerusakan ginjal yang tiba-tiba dan serius, hingga menimbulkan masalah jangka panjang. Bukan hanya itu, alkohol juga bisa menyebabkan dehidrasi yang membuat ginjal tidak dapat bekerja dengan baik. Jadi, hindari mengonsumsi alkohol secara berlebihan agar ginjal tetap sehat.
5. Jangan Mengonsumsi Obat Sembarangan
Terlalu banyak atau terlalu sering mengonsumsi obat antiperadangan nonsteroid, seperti ibuprofen dan naproxen, dapat merusak ginjal Anda. Selain itu, penggunaan suplemen herbal yang belum tentu keamanannya juga bisa membahayakan ginjal.
Oleh sebab itu, sebelum minum obat, konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapat arahan yang tepat. Hal tersebut dapat mencegah rusaknya ginjal dan menjaga ginjal tetap sehat.
6. Mengontrol Gula Darah dan Tekanan Darah
Kadar gula darah adalah banyaknya zat gula atau glukosa di dalam darah. Mengontrol gula darah dapat membantu Anda menjaga kesehatan ginjal. Kadar gula darah dipengaruhi oleh asupan nutrisi dari makanan atau minuman, khususnya karbohidrat, serta jumlah insulin dan kepekaan sel-sel tubuh terhadap insulin.. Kadar gula darah dikatakan terlalu tinggi jika melebihi 200 mg/dL.Penderita DIABETES atau kondisi yang menyebabkan gula darah tinggi, lebih rentan terhadap kerusakan ginjal yang mengancam jiwa. Ketika sel-sel tubuh tak dapat menggunakan glukosa dalam darah, ginjal akan dipaksa untuk bekerja ekstra dalam menyaring darah. Oleh sebab itu, periksakan gula darah Anda secara rutin dan hindari berbagai makanan yang mengandung banyak gula.
Selain gula darah, tekanan darah juga perlu dikontrol. Memiliki tekanan darah tinggi bisa menyebabkan kerusakan ginjal. Tekanan darah tinggi terjadi saat tekanan darah seseorang berada di atas 140/90 mmHg.. Agar terhindar dari hal tersebut, lakukan pemeriksaan tekanan darah secara teratur untuk memantau tekanan darah Anda. Selain itu, untuk menstabilkan tekanan darah, Anda dapat mengonsumsi obat yang diresepkan oleh dokter dan mulai menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan Anda.
7. Melakukan Pemeriksaan Ginjal
Melakukan pemeriksaan ginjal secara rutin penting untuk dilakukan dalam mendeteksi sedini mungkin adanya masalah pada ginjal. Apalagi jika Anda memiliki faktor risiko, seperti menderita penyakit jantung, hipertensi, diabetes, atau riwayat keluarga dengan Gagal Ginjal. Pada pemeriksaan ini, dokter biasanya akan melakukan serangkaian tes fungsi ginjal. Dengan menjalani tes ini secara teratur, Anda dapat mengetahui kondisi ginjal sekaligus mendeteksi apabila ada masalah pada ginjal.
Berbagai cara menjaga kesehatan ginjal tersebut sebaiknya dilakukan agar ginjal tetap bisa bekerja secara optimal. Dengan ginjal yang sehat, risiko akan penyakit-penyakit tertentu yang berhubungan dengan organ ini dapat diminimalisir.

Referensi: sehatq.com
                  Alodokter.com

Related Posted:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Lima Perkara Yang Tidak Boleh Ditunda Tunda

Oleh: Winarto Setiap manusia memiliki takdir kematian yang tidak mengenal usia muda ataupun tua. Tidak pula mengenal jenis kelamin baik pere...