Minggu, 10 Mei 2020

Membuat Password pada Microsoft WORD

Oleh: Winarto
sumber gbr;idntimes.com
Taukah kamu apa yang disebut dengan password? Dan mengapa password diperlukan? Ya… Password atau kata sandi merupakan kumpulan karakter atau strings yang digunakan oleh pengguna dalam sebuah aplikasi, yang digunakan untuk mengamankan data atau informasi pada system yang dimilikinya. Tentunya dokumen  atau system yang akan kita beri password bukanlah suatu hal yang sembarangan, yang setiap orang boleh mengetahuinya. Namun demikian di sisi lain, para pembuat password harus mengingat betul password yang dibuatnya, karena bila lupa maka system atau dokumen tersebut tidak akan pernah dibuka selamanya.
Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana membuat password pada system operasi pada Microsft Word, di mana dalam praktek ini kita akan menggunakan Office 2016. Bgaimana cara membuatnya? Berikut ini langkah sederhana yang dapat kita lakukan:
1.   Pastikan kita sudah memiliki data dalam bentuk Ms WORD. Kemudian pada bagian Menu kita pilih File
Gambar 1

2.   Settelah file diklick, maka selanjutnya klick “Protect Document” dan pilih Encrypt with Password. Perhatikan gambar berikut

Gambar 2

3.   Selanjutnya masukkan password yang diinginkan dan klik Ok, setelah itu masukkan lagi untuk mengkonfirmasi bahwa password yang ditulis itu benar, lalu klik Ok.

Gambar 3

4.   Terakhir, klik anak panah di sudut kiri dan kembali pada document asal yang telah dipassword. Kemudian klick Save pada menu utama atau (Ctrl+S). Perhatikan gambar berikut:

Gambar 4

5.   Password Dokumen Selesai, dan dokumen bias di close dan bias dicoba untuk dibuka kembali dengan kata sandi yang telah dibuat.

Mengganti Password
Ada kalanya sobat ingin mengganti password sebelumnya dengan password yang baru jika ada orang lain yang mengetahuinya. Maka sobat tidak perlu khawatir karena caranya hampir sama dengan sebelumnya.. Berikut langkah-langkahnya:
1.   Buka dokumen yang sudah dienkripsi sebelumnya.
2.   Pada pojok kiri atas klik File -> Protect document -> Encrypt with Password

Gambar 5
3.   Hapus password lama, lalu masukkan yang baru, silakan ulangi lagi untuk konfirmasinya.
4.   Terakhir klik Save (Ctrl+S).

Menghapus Password
Jika suatu saat sobat ingin menghapus password-nya dan bisa dibuka oleh siapa saja, caranya sangatlah mudah. Berikut langkah-langkahnya:
1.   Buka dokumen yang sudah dienkripsi sebelumnya.
2.   Klik File pada pojok kiri atas.
3.   Klik Protect document -> Encrypt with Password.
4.   Hapus semua password yang ada di dalam kotak isian, lalu klik Ok.
5.   Terakhir klik Save (Ctrl+S).

mudah bukan...selamat mencoba...semoga bermanfaat......!!!!

Related Posted:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Lima Perkara Yang Tidak Boleh Ditunda Tunda

Oleh: Winarto Setiap manusia memiliki takdir kematian yang tidak mengenal usia muda ataupun tua. Tidak pula mengenal jenis kelamin baik pere...