Selasa, 14 Februari 2023

Otak Pingin Optimal...Konsumsi Makanan Berikut

Oleh Winarto

Seperti yang kita ketahui bahwa otak kita merupakan komponen pokok dan vital dalam tubuh manusia. Otak adalah pusat dari segala kegiatan dan organ, oleh karena itu, untuk menjaga agar otak tetap bekerja dengan optimal, maka perlu dibutuhkan nutrisi yang cukup. Nah, untuk mendapatkan nutrisi  oytak tersebut, maka bisa dari berbagai cara, salah satunya adalah makanan yang kita konsumsi harus mendukung tumbuh dan berkembangnya fungsi otak kita. Memang bbisa broo... ya bisalah....!!!!

Dalam perkembangan yang semakin kompleks ini, kita tentunya membutuhkan otak yang encer, sehingga kita bisa dengan cepat menangani problem yang kita hadapi dengan efektif.

Selain hal tersebut, kita juga membutuhkan agar proses belajar kita bisa lebih cepat dan efektif, daya ingat meningkat, dan proses berpikir juga semakin lancar. Soo.... bagaimana solusinya?? Seperti halnya ungkapan, you are what you eat. Perhatikan dan perbaiki apa yang kita konsumsi. Semakin bernutrisi makanan yang kita konsumsi, maka semakin sehat pula diri kita, khususnya otak kita. Tubuh sehat, kinerja maksimal.

Berdasarkan salah satu artikel Harvard Health Publishing yang berjudul “Protecting Memory: Strategies for Healthy Brain Aging”, seiring bertambahnya usia, otak kita sebenarnya mengalami penurunan kemampuan untuk mengingat dan bekerja, sedikit demi sedikit.

Pasti sobat semua juga merasakan kondisi tersebut kan? Pernah merasa sering lupa, susah untuk mengingat, dan merasa sulit memahami suatu materi atau topik. Nah untuk mengatasi kondisi tersebut... kita  butuh adanya penopang agar otak kita bisa tetap berpikir dengan tajam. Makanan yang kita konsumsi setiap hari mempunyai peran penting dalam menjaga kesehatan otak dan dapat meningkatkan tugas mental tertentu, seperti daya ingat dan konsentrasi.

Kalau kata Abraham Lincoln “If I only had an hour to chop down a tree, I would spend the first 45 minutes sharpening my axe.” Jadi, daripada buang-buang waktu belajar tapi kondisi otak kita kurang maksimal, lebih baik optimalkan dahulu otak kita supaya proses belajar juga bisa lebih baik, 

Dilansir dari Harvard Health Publishing, para ahli gizi menekankan bahwa strategi paling penting untuk menajamkan pola pikir kita adalah dengan melakukan pola makan sehat yang mencakup buah-buahan, sayuran, kacang, dan biji-bijian. Penelitian juga mengemukakan bahwa makanan yang bikin intar ini adalah makanan yang baik untuk otak juga bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Jadi, jangan lupa untuk tetap melakukan pola hidup sehat, ya,

Keep your brainpower up! Untuk meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan tingkat fokus kita, kalian bisa coba beberapa makanan yang mampu mendukung otak kita optimal seperti di bawah ini, ya!

1.    Sayur-sayuran hijau. Siapa yang tidak kenal dengan sayur-sayuran hijau? Negara kita banyak akan jenis sayuran ini. Seperti daun singkong, bayam, sawi, sledri, dan brokoli dan lain-lain. Sayur-sayuran ini kaya akan nutrisi yang dapat menyehatkan otak, seperti vitamin K, lutein, folat, dan beta karoten. Penelitian menunjukkan makanan ini dapat menjaga dan meningkatkan kualitas kognitif atau proses berpikir kita.

2.    Ikan. Ada yang tidak suka ikan? Wow... sebaiknya dipikir-pikir lagi ya. Segera gemar makan ikan mengapa? Karena ikan banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh otak kita. Omega-3 yang terkandung dalam ikan cukup tinggi, sehingga bisa membantu menjaga kesehatan tekanan darah, dan adanya protein yang terkandung di dalam ikan yang dapat membantu kinerja otak agar lebih optimal. Contoh ikan yang dapat dikonsumsi adalah tuna, nila, gurameh, wader dan lain sebagainya.

3.     Buah beri. Di dalam buah beri, ada zat yang yang dinamakan dengan Flavonoid, yaitu pigmen tumbuhan alami yang memberi warna terang pada buah beri, juga membantu meningkatkan daya ingat. Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Harvard’s Brigham and Women’s Hospital menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi dua atau lebih porsi stroberi dan blueberry setiap minggu mengalami penundaan penurunan memori sampai dua setengah tahun.

4.     Kopi dan teh. Ya... minuman ini merupakan minuman favorit kaum lelaki. Dan ternya minuman ini kaya manfaat untuk tumbuh dan berkembangnya fungsi otak. Kafein yang terkandung di dalam kopi dan teh bisa membantu untuk meningkatkan daya fokus dan konsentrasi, lho. Tidak hanya itu saja, kafein juga berpengaruh terhadap proses mengingat (memori), sehingga kita dapat mempertajam daya ingat kita dengan mengonsumsi kopi dan teh.

5.   Biji-bijian. Biji-bijian mengandung banyak nutrisi penting bagi otak, salah satunya yaitu omega-3, alpha-linolenic acid (ALA), protein, dan lemak sehat. Dengan kandungan nutrisi tersebut, biji-bijian bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat kita. Ga terbatas untuk daya ingat, biji-bijian juga baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

6.  Kunyit. Siapa disini yang ga doyan kunyit? Padahal kunyit kaya akan manfaat, lho. Ada zat yang disebut dengan curcumin yang terkandung di dalam kunyit. Nah, fungsi dari zat ini adalah sebagai antioksidan dan anti radang yang dapat meningkatkan memori, mengurangi depresi, hingga membantu pertumbuhan sel-sel di otak.

7.     Coklat hitam atau dark chocolate. Para pecinta coklat bakalan senang nih, sepertinya. Coklat hitam dan juga bubuk kokoa ternyata memiliki peranan penting bagi tubuh, salah satunya untuk mendorong kinerja otak dengan zat-zat yang dimiliki seperti flavonoid, kafein, dan antioksidan. Eh, ga hanya itu, coklat juga bisa berfungsi sebagai mood booster, lho.

8.     Jeruk. Nah, kalau ini pasti kalian udah pada hapal ada zat apa. Ya, jeruk itu kaya akan vitamin C. Fungsi dari vitamin C adalah untuk meningkatkan fokus, daya tahan tubuh, memori, dan daya atensi kita. Selain itu, ada juga antioksidan yang membantu proses pemeliharaan sel pada otak. Nah, selain jeruk, sobat semua juga bisa konsumsi jambu, kiwi, tomat, dan makanan lainnya yang kaya akan vitamin C, ya.

9.     Telur. Makanan sehari-hari yang kayaknya hampir semua orang pernah makan, ya. Telur punya banyak manfaat untuk otak seperti memelihara kesehatan otak dan memperbaiki daya ingat karena mengandung vitamin B6 dan B12, folat, dan kolin.

Okey sobat semua.... Makanan di atas dapat mudah ditemukan di sekitar kita dengan harga yang terjangkau. Dengan memperhatikan pola makan kita, artinya makan sesuai dosis yang tepat dapat memberikan manfaat yang baik juga bagi kesehatan otak. Memilih makanan memang penting untuk seluruh tubuh manusia agar lebih sehat kedepannya.

Semoga bermanfaat...!!!!!

Ref: https://pahamify.com

Related Post:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Lima Perkara Yang Tidak Boleh Ditunda Tunda

Oleh: Winarto Setiap manusia memiliki takdir kematian yang tidak mengenal usia muda ataupun tua. Tidak pula mengenal jenis kelamin baik pere...