Senin, 21 Juni 2021

Cut Nyak Dhien: Pahlawan dari Aceh

Oleh: Winarto

Apakah yang disebut dengan pahlawan itu? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pahlawan adalah seorang yang memiliki keberanian dan juga pengorbanan dalam membela kebenaran bagi seluruh rakyat Indonesia, agama, dan juga negaranya atau bisa dikatakan bahwa pahlawan merupakan pejuang yang gagah dan juga berani demi membela kebenaran.

Sedangkan pahlawan nasional adalah sebuah gelar penghargaan tertinggi yang ada di Indonesia bagi seseorang yang meninggal, akan tetapi pada masa hidupnya mereka sangat berjasa dan juga merupakan seorang yang perlu di teladani oleh masyarakat Indonesia. Dan penghargaan tersebut diberikan langsung oleh pemerintah Indonesia. Lalu berdasarkan surat keputusan yang berasal dari presiden, tokoh yang merupakan seorang pahlawan nasional Indonesia itu ada 159 tokoh dan 12 di antaranya adalah tokoh-tokoh pahlawan nasional wanita yang tentunya juga memiliki jasa dan juga pengaruh besar terhadap Indonesia. Salah satu tokoh pahlawan nasional wanita adalah Cut Nyak Dhien.

Sejarah Perjuangan Cut Nyak Dhien

Cut Nyak Dhien merupakan tokoh dari pahlawan nasional yang dilahirkan di Lampadang, Aceh pada hari selasa, dan pada tahun 1848. Cut Nyak Dhien merupakan seorang pahlawan yang lahir dari keluarga bangsawan yang sangat patuh terhadap agama yang dianutnya dan bisa dikatakan ia berasal dari keluarga bangsawan yang agamis. Cut Nyak Dhien sendiri merupakan keturunan langsung dari sultan Aceh pada saat itu yakni Teuku Nanta Seutia, yang merupakan seorang Uleebalang (golongan bangsawan Aceh yang memimpin sebuah kenegerian/nanggroe setingkat kabupaten).

Pada tahun 1862 atau pada saat Cut Nyak Dhien masih berumur 12 tahun, ia langsung dinikahkan oleh orang tuanya dengan putra dari seorang uleebalang Lamnga XIII yaitu Teuku Cek Ibrahim Lamnga, dan dari pernikahannya itu ia dikaruniai satu anak laki-laki.

Perjuangan Cut Nyak Dhien

Masa perjuangan Cut Nyak Dien dimulai sejak 26 Maret 1873. Kala itu Belanda telah menyatakan perang kepada Aceh. Tak tanggung-tanggung, pasukan yang dikerahkan Belanda untuk berperang melawan rakyat Aceh berjumlah sekitar 3.198 prajurit. Pada 8 April 1873, pasukan Belanda, di bawah pimpinan Johan Harmen Rudolf Kohler, mendarat di Pantai Ceureumen, dan berhasil menguasai Masjid Raya Baiturrahman. Tak hanya menguasai, Kohler dan pasukannya pun membakar masjid tersebut di hadapan rakyat Aceh. Cut Nyak Dien yang melihat peristiwa tersebut seketika memberang. Ia pun berseru, "Lihatlah wahai orang-orang Aceh, tempat ibadah kita dirusak! Mereka telah mencorengkan nama Allah! Sampai kapan kita begini? Sampai kapan kita menjadi budak Belanda?"

Kendati berhasil memenangkan perang pertama dan menewaskan pimpinan pasukan Belanda, yakni Kohler, pertempuran belum berakhir. Di bawah pimpinan berikutnya, yakni Jenderal Han van Swieten, daerah VI Mukim, yang notabene tempat tinggal Cut Nyak Dien, berhasil dikuasai Belanda. Setahun berikutnya, Keraton Sultan pun jatuh. Hal itu membuat Cut Nyak Dien dan rombongan kaum ibu lainnya di sana mengungsi pada Desember 1875.

Pada 29 Juni 1878, suami Cut Nyak Dien, yakni Ibrahim Lamnga gugur dalam pertempuran melawan Belanda ketika tengah berupaya merebut kembali VI Mukim. Hal itu membuat Cut Nyak Dien semakin geram dan bersumpah akan menghancurkan Belanda. Pada momen ini, tokoh pejuang rakyat Aceh lainnya, Teuku Umar, akhirnya melamar Cut Nyak Dien. Pada awalnya Cut Nyak Dien menolak pinangan tersebut. Namun, karena Teuku Umar mengizinkan dan mempersilakannya untuk terjun dalam pertempuran melawan Belanda, Cut Nyak Dien akhirnya menerima dan menikah dengannya pada 1880. Hal tersebut meningkatkan moral semangat perjuangan rakyat Aceh untuk melawan kaphe ulanda (Belanda Kafir).

Bersama Teuku Umar, Cut Nyak Dien kembali berjuang untuk melawan pasukan Belanda. Pada 1893, Teuku Umar sempat melakukan siasat dengan berpura-pura menyerahkan diri dan menjalin kerja sama dengan Belanda. Hal itu dilakukan untuk mengetahui berbagai strategi perang Belanda.Siasat itu berhasil dilaksanakan. Setelah tiga tahun berkamuflase, Teuku Umar kembali berbalik memerangi Belanda. Tak ayal Belanda harus terus menerus mengganti jenderal perangnya di Aceh kala itu. Namun nahas, pada Februari 1899, Teuku Umar harus wafat akibat tertembak oleh pasukan Belanda dan Cut Nyak Dien kembali kehilangan suaminya.

Kepergian Teuku Umar sangat memukul perasaan Cut Gambang, anak Cut Nyak Dien dari pernikahannya dengan Teuku Umar. Di tengah kesedihan Cut Gambang, Cut Nyak Dien sempat berkata, "Sebagai perempuan Aceh, kita tidak boleh menumpahkan air mata kepada orang yang sudah syahid." Kendati kembali harus kehilangan suami, hal itu tak membuat Cut Nyak Dien gamang dan mengerutkan naluri perjuangannya. Ia memimpin pertempuran melawan Belanda di daerah pedalaman Meulaboh bersama pasukan kecilnya.

Namun, kondisi Cut Nyak Dien memang semakin renta. Matanya pun mulai rabun. Melihat kondisi demikan, sisa pasukan yang dipimpinnya merasa sangat iba dan tak tega padanya. Karena perasaan iba dan tak tega itu, salah satu pasukan Cut Nyak Dien, yakni Pang Laot Ali, akhirnya memberikan informasi terkait keberadaan markasnya bersama Cut Nyak Dien kepada Belanda.  

Cut Nyak Dien akhirnya berhasil ditangkap Belanda dan dibawa ke Banda Aceh, sebelum akhirnya dibuang ke Sumedang Jawa Barat pada akhir 1906. Kendati demikian, Cut Gambang, berhasil melarikan diri ke tengah hutan ketika ibunya dikepung oleh Belanda. Pada 6 November 1908, Cut Nyak Dien wafat dalam pembuangannya di Sumedang. Berdasarkan keterangan, makam Cut Nyak Dien baru ditemukan pada 1959. Pencarian makamnya dilakukan berdasarkan data yang ditemukan di Belanda. Pada batu nisan makam Cut Nyak Dien, diketahui terangkum riwayat hidupnya, kemudian tertera juga surah at-Taubah dan al-Fajr, serta hikayat rakyat Aceh.

ref: republika.co.id

Related Posted:

  1. Sepuluh Nasehat Sunan Kalijaga
  2. Mengenal Provinsi di Indonesia
  3. Mengenal Kerajaan Mataram
  4. Membangun Karakter Melalui Budaya Lokal
  5. Sejarah Sumpah Pemuda
  6. Sejarah Berdirinya Yogyakart



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Lima Perkara Yang Tidak Boleh Ditunda Tunda

Oleh: Winarto Setiap manusia memiliki takdir kematian yang tidak mengenal usia muda ataupun tua. Tidak pula mengenal jenis kelamin baik pere...