Jumat, 22 November 2019

Strategi Mengelola Keuangan Pribadi


Setiap orang pada dasarnya memiliki strategi tertentu dalam mengelola keuangan pribadinya. Hal yang  yang terpenting adalah tidak melakukan kesalahan fatal, yang sudah pasti akan membawa malapetaka keuangan keluarga. Lalu bagaimana mengelola keuangan secara tepat?
#1. Menjaga Sumber Pendapatan
Sumber pendapatan merupakan unsur pokok dan urat nadi ekonomi keuangan rumah tangga, sehingga harus dijaga keberadanya. Dapat dikatakan sumber pendapatan ini merupakan gaji pokok atau gaji rutin yang diterima setiap bulannya. Bagaimana menjaganya ?? Tentunya dengan menjaga dan meningkatkan kompetensi kita dalam bidang kerja yang kita geluti. Kerja keras dan pantang menyerah merupakan kunci pokoknya.

#2. Kendalikan Pengeluaran
Pada dasarnya semua manusia membutuhkan uang untuk digunakan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup mereka. Namun pada umumnya manusia membelanjakan uangnya untuk sesuatu yang diinginkannya. Oleh karena itu kita perlu belajar membedakan keinginan dan  kebutuhan, serta memprioritas uang kita untuk sesuatu yang merupakan kebutuhan kita.
Seorang bijak pernah berkata, dalam diri manusia terdapat naluri untuk mengingini lebih, lebih, dan lebih lagi. Kita cenderung ingin membelanjakan lebih dari yang kita perlukan. Saat kita mengutamakan keinginan, maka kita menjadi cenderung boros. Sementara kalau kita membeli kebutuhan saja, maka kita akan menjadi hemat, dan tepat sasaran. Jadi kebutuhan itu ada batasnya, artinya jika sudah terpenuhi kebutuhan tersebut maka akan berhenti. Sedangkan keinginan itu lebih tidak terbatas karena selalu muncul dan menggoda.

#3 Kendalikan Utang
Utang merupakan salah satu sumber pendanaan yang berasal dari luar pendaptan pribadi, dan konsekwensinya adalah mengembalikan dana tersebut dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Mengambil utang bukan berarti tidak baik namun harus tetap dijaga iramanya dalam rangka peningkatan kualitas kehidupan rumah tangga. Salah satu catatan penting dari penggunaan utang adalah untuk investasi bukan untuk konsumsi. Selain hal tersebut angsuran sebaiknya harus diberikan limit yang tepat, yakni maksimal 30% dari total penghasilan pribadi.  

#3. Jangan lupa Menabung
Menabung merupakan suatu hal yang penting bagi kehidupan pribadi atau keluarga. Menabung adalah bagian dari perencanaan keuangan untuk menghadapi kebutuhan keuangan pada masa mendatang.  Dengan perencanaan keuangan yang baik maka kita dapat mempersiapkan sesuatu yang kurang pasti di masa mendatang, atau prinsip berjaga-jaga. Saat menabung, kita juga akan belajar cara mengelola keuangan dengan baik dan benar. Menggunakan uang lebih bijaksana, membeli barang dengan penuh pertimbangan atas kebutuhan dan keinginan serta tidak boros. Dengan menabung, kita juga dapat menyeimbangkan antara pengeluaran dan pendapatan lebih baik. 

Pengendalian keuangan
Dalam bukunya, Robert T. Kiyosaki mengatakan bahwa sebagian besar dari kita hidup berdasarkan gaji. Pola keuangan sangat sederhana, yaitu terima gaji setiap bulan dan lalu melakukan pengeluaran. Hal ini terus berulang-ulang dan berlangsung sepanjang hidup. Bagai Tikus yang terjebak di roda yang berputar-putar.
Lantas bagaimana agar lolos dari jebakan tersebut? Syaratnya adalah kita memiliki pendapatan pasif yang lebih besar dari pendapatan aktif. Lolos dari jebakan itu tidak berarti kita langsung kaya, namun kita memiliki kebebasan keuangan.
Oleh sebab itu kita perlu melakukan evaluasi dan menata ulang cara pengelolaan keuangan yang baik.
Evaluasi terhadap pengelolaan perlu dilakukan agar kita mengerti sejauh mana tujuan keuangan yang sudah disusun pada perencanaan keuangan, berjalan sesuai dengan target.
Melakukan evaluasi terhadap pengelolaan keuangan adalah langkah awal yang diperlukan. Selanjutnya, kita perlu memikirkan perbaikan yang diperlukan jika terjadi perubahan pada kondisi-kondisi eksternal dan internal agar dapat mengelola keuangan dengan baik.


1 komentar:

  1. DCS might provide the functionality of greater than one of many aforementioned DCS types (e.g., DCS 3/3/1 which mixes functionality of DCS 3/3 and DCS 3/1). For 바카라사이트 such DCS, the requirements might be, at least of|no much less than}, the aggregation of necessities on the "element" DCS. Interconnection is between a DSX or LGX to a Switch, another Cross Connection, or other service platform gadget. Online means transactions through electronic data-interchange whether or not actual time transactions or in any other case, which may be through the web, intranet networks and the like. For each spin, the dual reels can broaden to turn into three, 4 or even five-doubled reels.

    BalasHapus

Featured Post

Lima Perkara Yang Tidak Boleh Ditunda Tunda

Oleh: Winarto Setiap manusia memiliki takdir kematian yang tidak mengenal usia muda ataupun tua. Tidak pula mengenal jenis kelamin baik pere...