Dalam menjalankan bisnis
strategi pemasaran produk menjadi salah satu faktor penting yang perlu Kita
perhatikan. Strategi pemasaran bisa menjadi faktor pembeda yang akan
menentukan sukses atau tidaknya bisnis Kita. Dengan menggunakan
strategi pemasaran bisnis yang tepat, kesempatan Kita untuk memiliki
sebuah bisnis yang sukses terbuka semakin lebar. Berikut adalah strategi
pemasaran bisnis yang patut Kita ikuti.
1.
Kenali Pelanggan
mengenali dan memahami pelanggan
adalah hal yang sangat penting sebelum menjalankan suatu usaha atau bisnis. Untuk
memudahkan proses mengenali pelanggan, kita dapat mengelompokkan pelanggan
berdasarkan kriteria tertentu, seperti umur, jenis keamin, pekerjaan lokasi dan
lain sebagainya.
Kita dapat menentukan bisnis
dengan membidik komunitas anak muda, khusus wanita, ataupun masyarakat umum
yang berasal dari kalangan menengah atas atau kalangan menengah ke bawah.
Intinya adalah Pastikan bahwa kita
memasarkan produk atau jasa kepada target pasar yang tepat. Karena itu seorang
marketing yang cerdas harus kenali dulu perilaku konsumen yang kita bidik untuk
mengetahui minat dan kebutuhan mereka.Selanjutnya, kita dapat mencari tahu apa
saja yang dibutuhkan pelanggan-pelanggan kita dalam tiap kelompok. Dengan demikian,
kita dapat menarik kesimpulan tentang apa yang dibutuhkan pelanggan kita dari
tiap kelompok dan merancang produk yang kita tawarkan agar bisa memenuhi
kebutuhan pelanggan.
2.
Lakukan Promosi Produk
Promosi terhadap produk yang
kita jual merupakan hal yang sangat penting. Kegiatan ini merupakan kegiatan
mengenalkan secara detail produk pada konsumen, sehingga konsumen dapat
tertarik dan terpengaruh pada produk yang kita tawarkan. Bagaimana kuncinya?? Buatlah
kegiatan promosi yang dapat menarik minat pelanggan. Misalnya dengan memberikan
potongan harga, menawarkan bonus tertentu untuk pembelian di atas rata-rata,
menambahkan undian berhadiah pada event-event khusus, atau
mengadakan beberapa kegiatan promosi yang melibatkan konsumen sebagai
pesertanya. Seperti menjadi sponsor utama kegiatan sepeda gembira, jalan sehat
bersama, serta acara lainnya yang bertujuan membangun loyalitas konsumen.
Usahakan promosi produk yang kita
lakukan merupakan usaha yang konsisten
dan terus-menerus sehingga para pelanggan akan terus meminati produk kita.
Ada banyak jenis promosi yang bisa kita lakukan seperti memasang iklan di
media cetak dan elektronik, mengirimkan pesan kepada pelanggan kita, juga
promosi word to mouth (WOM) atau mulut ke mulut. Selain hal tersebut,
kita juga harus membuat promosi ini unik dan menarik sehingga bisa
bersaing dengan produk competitor kita.
3.
Manfaatkan Pemasaran Internet
Dewasa ini, strategi pemasaran
melalu internet atau internet marketing sangatlah penting dan
dapat menunjang penjualan produk Kita. Berinteraksi dengan pelanggan lewat
internet juga akan memudahkan kita untuk mengetahui lebih jauh apa
yang diinginkan pelanggan kita dari produk yang kita buat. Istilah lain
dari pemasaran via internet ini adalah digital promotion.
Jenis promosi melalui media
digital mencakup media internet dan social media atau jejaring social. Ini
adalah cara modern untuk berpromosi karena memungkinkan orang melihat produk
atau jasa yang dipromosikan melalui teknologi terkini seperti ponsel atau
laptop. Banyak para pengusaha yang sudah beralih menggunakan media digital
sebagai strategi promosi mereka karena memang media digital saat ini merupakan
cara paling efektif untuk menjangkau konsumen mereka setiap hari.
Strategi pemasaran internet
juga bisa dianggap strategi pemasaran yang murah jika dibandingkan dengan
teknik pemasaran lainnya. Ada banyak strategi pemasaran internet yang bisa
kita lakukan seperti memanfaatkan akun-akun media sosial dan
juga memanfaatkan pencarian mesin pencari atau SEO. Jika Kita dapat
melakukan dua strategi pemasaran internet ini dengan baik, bisnis dan
produk Kita bisa dikenal oleh kalangan konsumen yang lebih luas dan
kesempatan kita memiliki sebuha bisnis yang sukses akan terbuka lebar.
4.
Pilih Lokasi Strategis
Selain melakukan pemasaran dan
promosi produk lewat internet, Kita juga harus memilih lokasi bisnis yang
strategis Pastikan lokasi Kita memulai bisnis harus sesuai dengan tujuan Kita
membuka usaha Kita. Tempat ramai di mana banyak orang berlalu lalang
merupakan salah satu pilihan favorit para pemilik bisnis untuk membuka
bisnis mereka.
Namun demikian, lokasi
strategis tidak harus merupakan tempat yang ramai. Lokasi strategis lebih
condong kepada mendukung perkembangan bisnis Kita di lokasi yang tepat,
sesuai dengan tujuan bisnis Kita. Contohnya, jika Kita ingin membuka
toko baju, aksesoris, ataupun toko roti, maka tempat ramai orang merupakan
pilihan yang tepat. Tetapi jika Kita ingin membuka sebuah café di mana
orang bisa santai dan rileks, tempat yang tenang mungkin akan lebih baik.
5.
Jalin Hubungan dengan Konsumen
Hal penting lain yang harus Kita
perhatikan sebagai strategi pemasaran bisnis Kita adalah menjalin hubungan
yang baik dengan konsumen. Slogan “Konsumen adalah Raja” mungkin terdengar
agak ekstrim bagi Kita, tetai ini merupakan pernyataan yang tepat.
Tanpa konsumen bisnis Kita
tidak akan berjalan dengan baik, karena itulah Kita harus memperlakukan
konsumen Kita dengan sebaik-baiknya. Untuk menjalin hubungan baik dengan
konsumen, Kita harus berkomuniksi dan menghubungi mereka, baik itu untuk
meminta kritik dan saran untuk produk yang telah mereka beli atau untuk
memberi kabar promosi terbaru yang Kita lakukan.
6.
Perluas Relasi
Memperluas relasi bisnis Kita
tidak kalah pentingya sebagai strategi pemasaran bisnis Kita. Semakin
banyak relasi bisnis yang Kita miliki, semakin besar pula kesempatan Kita
untuk memperluas bisnis Kita. Banyak pemilik bisnis yang mengabaikan
hubungan baik mereka dengan pemilik bisnis lain. Akibatnya, bisnis
mereka sulit berkembang, menjadi redup, dan kemudian terpaksa gulung
tikar. Degan memiliki banyak relasi dan menjaga hubungan baik dengan
relasi bisnis Kita, Kita dapat dengan mudah memperoleh informasi bisnis
melalui relasi bisnis Kita. Kita juga dapat dengan mudah mengajukan
proposal kerja sama yang akan menguntungkan bisnis Kita dan bisnis relasi Kita.
7.
Ukur Pencapaian
Memasang target dan mengukur
pencapaian juga merupakan hal yang sangat penting dalam menyusun startegi
pemasaran bisnis Kita. Dengan memasang target untuk bisnis Kita, Kita
dapat melihat bisnis Kita berkembang dengan lebih nyata.
Mengukur pencapaian bisnis Kita juga akan membantu dalam menentukan
strategi pemasaran dan perluasan bisnis yang akan Kita lakukan berikutnya.
Mengukur pencapaian bisnis ini
juga merupakan sebuah evaluasi terhadap apa yang telah Kita lakukan dalam
mengembangkan bisnis Kita selama ini dan menentukan di mana letak
kekurangan dan kelebihan bisnis Kita agar dapat diperbaiki. Misalnya saja
dalam sebuah kegiatan promosi. Pasanglah target dan langkahlangkah yang
dapat Kita lakukan untuk mencapai target tersebut. Setelah kegiatan
selesai, ukurlah pencapaian kegiatan promosi Kita dan evaluasi
langkah-langkah yang Kita lakukan selama proses promosi berlangsung.
8.
Berpikir Out of The Box
Dalam aturan usaha berpikir di
luar kotak memang bisa dikitalkan. Dalam berpikir dengan cara ini adalah
berpikir dengan menggunakan perspektif yang baru di luar masalah yang ada.
Bisa di contohkan dalam usaha,
strateginya tidak berfokus pada penurunan harga untuk memenuhi persaingan,
tapi memberi nilai tambah untuk meningkatkan penggalaman pelanggan itu
sendiri (value added). Misal jika Kita berjualan bakso, Kita
bisa melakukan diferensisasi dalam hal produk, seperti: bakso gepeng,
bakso ikan, bakso goreng , dsb. Atau bisa juga melakukan pemasaran dengan
paket bakso beserta minuman agar memudahkan pelanggan Kita dalam memilih.
Dalam strategi pemasaran Nordstrom mengungkapkan 'Berfokus Kita pada
kualitas pengalaman pelanggan dan bukan pada harganya yang sangat
efektif'.
Referensi:
Smartbisnis.co.id
Related Posted:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar