Minggu, 24 November 2019

Strategi Pemasaran Bisnis


Dalam menjalankan bisnis strategi pemasaran produk menjadi salah satu faktor penting yang perlu Kita perhatikan. Strategi pemasaran bisa menjadi faktor pembeda yang akan menentukan sukses atau tidaknya bisnis Kita. Dengan menggunakan strategi pemasaran bisnis yang tepat, kesempatan Kita untuk memiliki sebuah bisnis yang sukses terbuka semakin lebar. Berikut adalah strategi pemasaran bisnis yang patut Kita ikuti.
1. Kenali Pelanggan
mengenali dan memahami pelanggan adalah hal yang sangat penting sebelum menjalankan suatu usaha atau bisnis. Untuk memudahkan proses mengenali pelanggan, kita dapat mengelompokkan pelanggan berdasarkan kriteria tertentu, seperti umur, jenis keamin, pekerjaan lokasi dan lain sebagainya.
Kita dapat menentukan bisnis dengan membidik komunitas anak muda, khusus wanita, ataupun masyarakat umum yang berasal dari kalangan menengah atas atau kalangan menengah ke bawah.
Intinya adalah Pastikan bahwa kita memasarkan produk atau jasa kepada target pasar yang tepat. Karena itu seorang marketing yang cerdas harus kenali dulu perilaku konsumen yang kita bidik untuk mengetahui minat dan kebutuhan mereka.Selanjutnya, kita dapat mencari tahu apa saja yang dibutuhkan pelanggan-pelanggan kita dalam tiap kelompok. Dengan demikian, kita dapat menarik kesimpulan tentang apa yang dibutuhkan pelanggan kita dari tiap kelompok dan merancang produk yang kita tawarkan agar bisa memenuhi kebutuhan pelanggan.
2. Lakukan Promosi Produk
Promosi terhadap produk yang kita jual merupakan hal yang sangat penting. Kegiatan ini merupakan kegiatan mengenalkan secara detail produk pada konsumen, sehingga konsumen dapat tertarik dan terpengaruh pada produk yang kita tawarkan. Bagaimana kuncinya?? Buatlah kegiatan promosi yang dapat menarik minat pelanggan. Misalnya dengan memberikan potongan harga, menawarkan bonus tertentu untuk pembelian di atas rata-rata, menambahkan undian berhadiah pada event-event khusus, atau mengadakan beberapa kegiatan promosi yang melibatkan konsumen sebagai pesertanya. Seperti menjadi sponsor utama kegiatan sepeda gembira, jalan sehat bersama, serta acara lainnya yang bertujuan membangun loyalitas konsumen.
Usahakan promosi produk yang kita  lakukan merupakan usaha yang konsisten dan terus-menerus sehingga para pelanggan akan terus meminati produk kita. Ada banyak jenis promosi yang bisa kita lakukan seperti memasang iklan di media cetak dan elektronik, mengirimkan pesan kepada pelanggan kita, juga promosi word to mouth (WOM) atau mulut ke mulut. Selain hal tersebut, kita juga harus membuat promosi ini unik dan menarik sehingga bisa bersaing dengan produk competitor kita.

3. Manfaatkan Pemasaran Internet
Dewasa ini, strategi pemasaran melalu internet atau internet marketing sangatlah penting dan dapat menunjang penjualan produk Kita. Berinteraksi dengan pelanggan lewat internet juga akan memudahkan kita untuk mengetahui lebih jauh apa yang diinginkan pelanggan kita dari produk yang kita buat. Istilah lain dari pemasaran via internet ini adalah digital promotion.
Jenis promosi melalui media digital mencakup media internet dan social media atau jejaring social. Ini adalah cara modern untuk berpromosi karena memungkinkan orang melihat produk atau jasa yang dipromosikan melalui teknologi terkini seperti ponsel atau laptop. Banyak para pengusaha yang sudah beralih menggunakan media digital sebagai strategi promosi mereka karena memang media digital saat ini merupakan cara paling efektif untuk menjangkau konsumen mereka setiap hari.
Strategi pemasaran internet juga bisa dianggap strategi pemasaran yang murah jika dibandingkan dengan teknik pemasaran lainnya. Ada banyak strategi pemasaran internet yang bisa kita lakukan seperti memanfaatkan akun-akun media sosial dan juga memanfaatkan pencarian mesin pencari atau SEO. Jika Kita dapat melakukan dua strategi pemasaran internet ini dengan baik, bisnis dan produk Kita bisa dikenal oleh kalangan konsumen yang lebih luas dan kesempatan kita memiliki sebuha bisnis yang sukses akan terbuka lebar.

4. Pilih Lokasi Strategis
Selain melakukan pemasaran dan promosi produk lewat internet, Kita juga harus memilih lokasi bisnis yang strategis Pastikan lokasi Kita memulai bisnis harus sesuai dengan tujuan Kita membuka usaha Kita. Tempat ramai di mana banyak orang berlalu lalang merupakan salah satu pilihan favorit para pemilik bisnis untuk membuka bisnis mereka.
Namun demikian, lokasi strategis tidak harus merupakan tempat yang ramai. Lokasi strategis lebih condong kepada mendukung perkembangan bisnis Kita di lokasi yang tepat, sesuai dengan tujuan bisnis Kita. Contohnya, jika Kita ingin membuka toko baju, aksesoris, ataupun toko roti, maka tempat ramai orang merupakan pilihan yang tepat. Tetapi jika Kita ingin membuka sebuah cafĂ© di mana orang bisa santai dan rileks, tempat yang tenang mungkin akan lebih baik.

5. Jalin Hubungan dengan Konsumen
Hal penting lain yang harus Kita perhatikan sebagai strategi pemasaran bisnis Kita adalah menjalin hubungan yang baik dengan konsumen. Slogan “Konsumen adalah Raja” mungkin terdengar agak ekstrim bagi Kita, tetai ini merupakan pernyataan yang tepat. 
Tanpa konsumen bisnis Kita tidak akan berjalan dengan baik, karena itulah Kita harus memperlakukan konsumen Kita dengan sebaik-baiknya. Untuk menjalin hubungan baik dengan konsumen, Kita harus berkomuniksi dan menghubungi mereka, baik itu untuk meminta kritik dan saran untuk produk yang telah mereka beli atau untuk memberi kabar promosi terbaru yang Kita lakukan.

6. Perluas Relasi
Memperluas relasi bisnis Kita tidak kalah pentingya sebagai strategi pemasaran bisnis Kita. Semakin banyak relasi bisnis yang Kita miliki, semakin besar pula kesempatan Kita untuk memperluas bisnis Kita. Banyak pemilik bisnis yang mengabaikan hubungan baik mereka dengan pemilik bisnis lain. Akibatnya, bisnis mereka sulit berkembang, menjadi redup, dan kemudian terpaksa gulung tikar. Degan memiliki banyak relasi dan menjaga hubungan baik dengan relasi bisnis Kita, Kita dapat dengan mudah memperoleh informasi bisnis melalui relasi bisnis Kita. Kita juga dapat dengan mudah mengajukan proposal kerja sama yang akan menguntungkan bisnis Kita dan bisnis relasi Kita.

7. Ukur Pencapaian
Memasang target dan mengukur pencapaian juga merupakan hal yang sangat penting dalam menyusun startegi pemasaran bisnis Kita. Dengan memasang target untuk bisnis Kita, Kita dapat melihat bisnis Kita berkembang dengan lebih nyata. Mengukur pencapaian bisnis Kita juga akan membantu dalam menentukan strategi pemasaran dan perluasan bisnis yang akan Kita lakukan berikutnya.
Mengukur pencapaian bisnis ini juga merupakan sebuah evaluasi terhadap apa yang telah Kita lakukan dalam mengembangkan bisnis Kita selama ini dan menentukan di mana letak kekurangan dan kelebihan bisnis Kita agar dapat diperbaiki. Misalnya saja dalam sebuah kegiatan promosi. Pasanglah target dan langkahlangkah yang dapat Kita lakukan untuk mencapai target tersebut. Setelah kegiatan selesai, ukurlah pencapaian kegiatan promosi Kita dan evaluasi langkah-langkah yang Kita lakukan selama proses promosi berlangsung.

8. Berpikir Out of The Box
Dalam aturan usaha berpikir di luar kotak memang bisa dikitalkan. Dalam berpikir dengan cara ini adalah berpikir dengan menggunakan perspektif yang baru di luar masalah yang ada.
Bisa di contohkan dalam usaha, strateginya tidak berfokus pada penurunan harga untuk memenuhi persaingan, tapi memberi nilai tambah untuk meningkatkan penggalaman pelanggan itu sendiri (value added). Misal jika Kita berjualan bakso, Kita bisa melakukan diferensisasi dalam hal produk, seperti: bakso gepeng, bakso ikan, bakso goreng , dsb. Atau bisa juga melakukan pemasaran dengan paket bakso beserta minuman agar memudahkan pelanggan Kita dalam memilih. Dalam strategi pemasaran Nordstrom mengungkapkan 'Berfokus Kita pada kualitas pengalaman pelanggan dan bukan pada harganya yang sangat efektif'.

Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Lima Perkara Yang Tidak Boleh Ditunda Tunda

Oleh: Winarto Setiap manusia memiliki takdir kematian yang tidak mengenal usia muda ataupun tua. Tidak pula mengenal jenis kelamin baik pere...