Rabu, 27 Januari 2021

Berjualan ONLINE....HARUUUS!!!!!!

Oleh: Winarto
Di era digital sekarang ini, internet sudah menjadi kebutuhan kita sehari- hari tanpa kecuali dalam kehidupan bisnis. Dari mulai akses informasi, social media hingga menjalankan bisnis pun melalui media internet. Berjualan online memang menjadi pilihan guna meningkatkan taraf ekonomi masyakat. Dari mulai bahan pokok, kuliner, fashion, jasa pendidikan hingga hinga barang dan jasa lainnya semuanya semua mengandalkan media digital atau internet. Dari mulai berjualan di beberapa marketplace hingga memiliki website toko online sendiri. Bagi para pelaku bisnis, sudahnya saatnya untuk dapat menyesuaian situasi dan kondisi pasar, jika bisnisnya ingin tetap eksis.

Bagi para pemula, tentunya kondisi tersebut akan menjadi catatan penting. Intinya, menjalankan usaha atau bisnis online tidaklah dilakukan dengan asal-asalan. Perlu planning yang matang, dan riset pasar yang memadai. Tak sedikit pemula yang mengeluh karena barang dagangannya tidak laku. Nah, berikut ini terdapat beberpa tips untuk menjalankan bisnis online:
#1. Memilih Produk Dagangan
Menentukan produk yang akan dipasarkan secara tepat, merupakan langkah awal yang harus dilakukan. Bagaimana caranya? Pelajari pasar dan trend konsumen!!! Produk yang akan dipasarkan tak harus dengan membuat sendiri,  namun kita dapat memanfaatkan para produsen ataupun pusat grosir untuk mendapatkan barang dagangan yang akan dijual. Yang paling penting produk yang kita pilih memiliki kualitas bagus, sesuai dengan harapan konsumen dan harga yang ditawarkan adalah wajar dan menarik.
Dalam memilih barang jualan sebaiknya jangan terpaku pada jenis produk yang populer dan banyak dibutuhkan saja. Sebab, produk populer tentunya Anda akan menghadapi persaingan yang sangat ketat dengan pedagang lainnya. Untuk hal tersebut kita  bisa memilih produk dagangan berdasarkan minat kita atau ketersediaan barang yang ada. Kita juga bisa bergabung menjadi marketing dari pemilik barang.

#2. Membuat Visual Produk
Langkah selanjutnya adalah membuat VISUL Produk yang menarik, bila memungkinkan dari berbagai sudut.  Untuk para pebisnis pemula yang harus dilakukan adalah membuat atau menyiapkan foto produk. Foto produk bahkan menjadi daya tarik utama yang bisa menarik minat calon pembeli.
Meskipun biasanya pihak produsen atau grosir menyediakan foto-foto produk, namun kita juga perlu mengeditnya agar terlihat lebih menarik. Termasuk jika kita mendapatkan barang yang belum ada fotonya. Pastikan bahwa foto atau visual produk yang ditampilkan mewakili secara lengkap produk yang kita tawarkan, sehingga konsumen akan terbantu untuk mengambil keputusannya

#3. Membuat Deskripsi Produk
Selain foto produk, kita  juga perlu menyiapkan dan membuat informasi tentang detail produk yang dijual. Tips penting cara berjualan online untuk pemula agar cepat laku adalah membuat deskripsi yang jelas, detail, dan jujur. Deskripsi yang baik, akan akan memberikan gambaran yang jelas bagi konsumen tentang produk yang ditawarkan. Untuk hal tersebut pilihkan kata-kata yang mudah dipahami, menarik dan tidak ambigiu (membingungkan).
Keterbatasan konsumen untuk memegang atau melihat langsung produk harus terwakili melalui deskripsi yang rinci. Dari nama produk, jenis bahan, ukuran, hingga warna. Hindari menjiplak deskripsi produk dari lapak atau toko online lainya.

#4. Sebar di Media Sosial
Langkah yang tak kalah pentingnya tentang cara berjualan online adalah dengan MEMASARKAN PRODUK secara intensif. Bagaimana caranya? Optimalkan media online sebagai sarana memasarkan produk dengan cara menyebarkan produk dagangan kita ke berbagai media sosial. Selain gratis, media sosial juga memiliki jumlah pengguna yang sangat besar dan potensial. Kita tak perlu menggunakan media sosial yang berbayar, melainkan cukup mengoptimalkan medsos yang sangat familier di masyarakat, seperti WhatsApp (WA) Group, Facebook dan Instagram.Ketiga sosial media ini sangat familiar dengan jumlah pengguna terbesar sehingga akan meningkatkan peluang dagangan laku.
Nah setelah produk kita eksis, tidak ada salahnya kita ke dapan dapat memiliki laman sendiri untuk jualan online, karena dengan dengan laman sendiri akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang kita tawarkan.

Itulah sejumlah langkah cara berjualan online untuk pebisnis pemula yang bisa kita lakukan. Yang juga penting dalam berjualan onlina adalah merespon setiap pesan yang masuk melalui kontak yang kita berikan dengan cepat dan responsif. Tanggapi dan atasi keluhan konsumen secapat mungkin, dan buat konsumen seperti raja, maka bisnis kita akan semakin melejit..

Referensi:
Harapanrakyat.com

Related Posted:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Lima Perkara Yang Tidak Boleh Ditunda Tunda

Oleh: Winarto Setiap manusia memiliki takdir kematian yang tidak mengenal usia muda ataupun tua. Tidak pula mengenal jenis kelamin baik pere...