Minggu, 03 April 2022

Hikmah Puasa Ramadhan

Oleh Winarto
Puasa merupakan ibadah wajib bagi setiap muslim, artinya bagi setiap muslim yang tidak ada halangan, maka wajib menjalankan ibadah puasa ramadhan ini. Bahkan puasa ramadhan merupakan satu diantara rukun Islam yang lima. Alloh SWT memberikan perintah puasa tentunya bukan tanpa makna. Berikut ini makna atau hikmah dari ibadah Puasa Ramadhan:
1. Meningkatkan Ketakwaan
Puasa di bulan Ramadhan akan semakin meningkatkan ketakwaan terhadap Allah SWT, sebagaimana yang dikemukakan dalam surah Al Baqarah ayat 183.
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ
Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa (QS. Al Baqarah ayat 183).
Takwa artinya melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Orang yang bertakwa akan selalu berhati-hati dalam bertindak, mengindari sikap bersikap riya dan menyombongkan dirinya sendiri. Oleh karena itu Puasa di bulan Ramadhan merupakan bulan untuk melatih dan meningkatkan iman dan takwa kepada Alloh SWT.

2. Puasa Meningkatkan rasa Syukur akan Nikmat Alloh SWT
Saat berpuasa kita tidak makan dan minum selama seharian penuh, namun selain tidak makan dan minum, kita dituntut dan dilatih untuk menahan semuanya, baik itu perkataan , emosi, dan hawa nafsu. Semua hal harus ditahan, dikekang, dan dikendalikan oleh diri sendiri karena jika kita mampu menekan hawa nafsu tersebut maka kita akan terhindar dari kehancuran dan kesombongan yang akan membuat kita jauh dari allah.
Puasa juga melatih diri untuk bersabar dari rasa haus dan lapar, sehingga kita mengetahui bagaimana sengsaranya dan menderitanya orang miskin dan orang yang tidak mampu yang tidak mempunyai uang untuk makan bahkan selama berhari – hari. Disini diharapkan dengan berpuasa di bulan Ramadhan akan membuat kita untuk rajin bersedekah kepada orang yang tidak mampu sehingga di dunia ini tidak akan ada lagi orang yang mati karena kelaparan.
Hal ini membuat kita selalu bersyukur dan mendekatkan diri kepada Allah atas nikmat yang telah diberikannya.

3. Puasa Membentuk Akhlaqur Karimah
Orang yang  menjalankan ibadah puasa Ramadhan, akan terdidik untuk selalu berbuat hal-hal yang baik dan mulia, tertib dan disiplin dalam setiap tindakan, sehingga akan membentuk sikap dan perilakunya dalam kehidupan sehari-hari. Selain hal tersebut orang yang berpuasa juga dibiasakan untuk menghindari kemaksiatan dan sifat kemungkaran yang bisa mengurangi bahkan membatalkan pahala puasanya. Dengan begitu setiap insan akan memperoleh pendidikan akhlaq yang lebih bermakna.

4. Puasa Bermanfaat Untuk Kesehatan
Puasa banyak manfaatnya salah satunya untuk kesehatan dalam diri. Orang yang berpuasa akan sehat secara rohani dan fisik. Orang yang berpuasa akan sehat rohaninya karena dalam puasa harus menahan diri dari berbagai prasangka dan penyakit hati sehingga akan mudah untuk menjaga hati agar tetap bersih.
Secara fisik puasa dapat menjaga kesehatan tubuh karena perut adalah sumber penyakit sehingga tindakan antisipatif yaitu melakukan puasa adalah sumber pengobatan bagi setiap penyakit.

5. Puasa Meningkatkan Kecerdasan
Sebagaimana diketahui bahwa orang yang berpuasa akan semakin terbuka pikirannya dan semakin luas wawasannya. Artinya pikirang kita akan menjadi lebih cerdas. Hal ini karena kita selalu dididik untuk selalu peka terhadap kondisi yang ada. Rasul pernah bersabda
من جاع بطنه عظمت فكرته وفطن قلبه
Artinya : Siapa yang perutnya lapar (puasa), pikirannya akan menjadi jembar (luas wawasannya) dan hatinya akan bersih.
 
6. Puasa Membersihkan Hati dan Jiwa
Salah satu manfaat puasa adalah membersihkan hati dan jiwa dari segala penyakit hati dan prasangka buruk yang menggerogoti jiwa. Sebagaimana sabda nabi Muhammad SAW yang dikutip Dalam kitab Kasyf al-Mahjub ('Ketersingkapan dari Hijab') karangan Syekh Ali Utsman al-Hujwiri,
“Lapar memang membuat badan menderita, tetapi pada saat yang sama menyinari hati dan membersihkan jiwa, serta mengantarkan roh ke hadirat Tuhan." Itulah makna puasa yang sebenarnya,” sabda Nabi Muhammad SAW Dalam kitab Kasyf
Semoga bermanfaat
Dari berbagai sumber

Related Posted:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Lima Perkara Yang Tidak Boleh Ditunda Tunda

Oleh: Winarto Setiap manusia memiliki takdir kematian yang tidak mengenal usia muda ataupun tua. Tidak pula mengenal jenis kelamin baik pere...