Jumat, 22 April 2022

Mengenal Hipertensi

Oleh; Winarto
Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya bagi manusia. Penderita hipertensi akan rawan terkena berbagai penyakit seperti stroke, serangan jantung dan bahkan gagal ginjal.  Sebelum membahas tentang hipertensi, kita akan mengenal terlebih dahulu dengan tekanan darah.
Apa yang dimaksud dengan tekanan darah? Tekanan darah merupakan tekanan yang dialami darah pada pembuluh arteri ketika darah di pompa oleh jantung ke seluruh anggota tubuh manusia. Dalam dunia kedokteran, tekanan darah ditunjukkan dengan memberikan dua ukuran yakni dua angka. Misalnya dokter menyebut 140-90, maka artinya adalah 140/90 mmHg.

Angka pertama (140) menunjukkan tekanan ke atas pembuluh arteri akibat denyutan jantung atau pada saat jantung berdenyut atau berdetak, dan disebut tekanan sistolik atau sering disebut tekanan atas. Angka kedua (90) menunjukkan tekanan saat jantung beristirahat di antara pemompaan, dan disebut tekanan diastolik atau sering juga disebut tekanan bawah. Berapa tekan normal darah manusia. Berikut ini daftarnya

Tekanan Darah

Siskotik (angka I)

Diastolik (Angka II)

Darah rendah atau hipotensi

Di bawah 90

Di bawah 60

Normal

90 - 120

60 - 80

Pre-hipertensi

120 - 140

80 - 90

Darah tinggi atau hipertensi (stadium 1)

140 - 160

90 - 100

Darah tinggi atau hipertensi (stadium 2 / berbahaya)

Di atas 160

Di atas 100

Mengingat begitu bahayanya hipertensi, maka kita harus selalu menjaga kesehatan tubuh kita. Bagaimana caranyanya. Ya...dengan menjaga pola makan dan pola hidup. Pola makan meliputi asupan gisi yang kita konsumsi setiap harinya...harus seimbang.

Sementara pola hidup berkaitan dengan kemampuan diri kita dalam mengelola stress. Tidak bisa dipungkiri dalam perkembangan kehidupan yang semakin kompleks berbagai permasalahan akan muncul silih berganti. Bila kita tidak pandai dalam mengelola situasi dan konsi yang ada, maka bukan tidak mungkin kita akan mudah terkena hipertensi. So...take it easy.!!!!!!!
Bagaimana tekanan darah meningkat hingga timbul hipertensi? Penyebanya adalah kondisi pembeluh darah yang menyempit, sehingga aliran darah menjadi tidak normal. Terdapat beberapa faktor yang menyebebkan tekan darah meningkat, diantaranya:
Pertama: Keturunan.
Faktor ini tidak bisa Anda kendalikan. Jika seseorang memiliki orang-tua atau saudara yang memiliki tekanan darah tinggi, maka kemungkinan ia menderita tekanan darah tinggi lebih besar. Statistik menunjukkan bahwa masalah tekanan darah tinggi lebih tinggi pada kembar identik daripada yang kembar tidak identik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada bukti gen yang diturunkan untuk masalah tekanan darah tinggi.
Kedua : Usia
Faktor ini tidak bisa Anda kendalikan. Penelitian menunjukkan bahwa seraya usia seseorang bertambah, tekanan darah pun akan meningkat. Anda tidak dapat mengharapkan bahwa tekanan darah Anda saat muda akan sama ketika Anda bertambah tua. Namun Anda dapat mengendalikan agar jangan melewati batas atas yang normal.
Ketiga: Makanan dan Minuman.
Faktor ini bisa kita kendalikan. Artinya kita bisa mengatur makanan dan minuman agar kita tepa sehat, dengan mengindari makanan dan minuman yang dapat memicu hipertensi.  Beberapa makan dan minuman yang dapat memicu hipertensi adalah
  1. Garam. Garam sebenarnya mengandung mineral penting untuk tubuh. Namun ketika konsumsi garam berlebih bisa menyebabkan hipertensi. Garam diketahui memiliki kemampuan menarik air di pembuluh darah. Ketika hal tersebut terjadi, maka volume darah akan meningkat.
  2. Kolesterol. Kandungan lemak yang berlebih dalam darah Anda, dapat menyebabkan timbunan kolesterol pada dinding pembuluh darah. Hal ini dapat membuat pembuluh darah menyempit dan akibatnya tekanan darah akan meningkat. Kendalikan kolesterol Anda sedini mungkin. Beberapa makanan yang termasuk tinggi kolesterol diantaranya adalah: jeroan, makanan cepat saji, gorengan, daging bebek, makanan bersantan dan lan sebagainya.
  3. Kafein. Kafein yang terdapat pada kopiteh maupun minuman cola bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah.beberpa minuman dengan kadar kafein tinggi sebaiknya dikurangi atau bahkan dihindari. Minuman tersebut diantaranya adalah minuman dengan kandungan soa, minuman berenergi, minuman  supplemen dan lain sebagainya. Kopi yang berlebihan juga harus dihindari.
  4. Alkohol. Konsumsi alkohol secara berlebihan juga menyebabkan tekanan darah tinggi
Semoga bermanfaat...!!!!
dari berbagai sumber.

Related Post:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Lima Perkara Yang Tidak Boleh Ditunda Tunda

Oleh: Winarto Setiap manusia memiliki takdir kematian yang tidak mengenal usia muda ataupun tua. Tidak pula mengenal jenis kelamin baik pere...