Selasa, 12 April 2022

Mengenal Bisnis Digital

Oleh: Winarto
Bisnis digital adalah suatu jenis bisnis jasa yang memanfaatkan kecanggihan teknologi ketika menciptakan sebuah produk ataupun memasarkannya. Bisnis ini tentunya memiliki karakteristik khusus yang harus diperhatikan, jika dibanding dengan bisnis-bisnis tradisional. Faktor yang perlu diperhatikan diantaranya berkaitan dengan kecepatan pelayanan kepada pelanggan, efisiensi biaya, kemudahan dalam penerapannya.
Kelebihan Bisnis Digital
Jika Anda masih ragu untuk terjun ke dunia bisnis digital, berikut ini beberapa keunggulan yang dapat Anda jadikan pertimbangan:
1. Pilihan yang Beragam
Perkembangan teknologi diprediksi akan berkembang sangan pesat dan tidak akan berhenti bahkan hingga beberapa dekade mendatang. Artinya, masih banyak inovasi yang bisa dihasilkan sebagai peluang usaha. Kita perlu jeli dan cermat dalam mengamati perkembangan dan kebutuhan pasar dan menciptakan produk yang dibutuhkan konsumen atau pelanggan.   
2. Jangkauan Pasar yang Luas
Jika kita menggeluti bisnis digital yang dijalankan secara online, pangsa pasarnya tentu akan lebih luas. Hal ini karena kita tetap bisa menjalankan bisnis tersebut di mana pun kita berada, selama 24 jam. Hal ini tentu bergantung dengan bisnis yang Anda geluti. 
3. Bertujuan Jangka Panjang
Pengguna internet khususnya di Indonesia terus meningkat, hal ini memang suatu kebutuhan yang berkembang di masyarakat. Itulah alasan mengapa banyak perusahaan melakukan transformasi digital, untuk meraih potensi besar tersebut. Tidak hanya itu, bisnis digital juga merupakan upaya untuk membangun identitas online yang bertujuan jangka panjang. Anda tentu menyadari bahwa Anda akan ketinggalan jika tidak turut ambil bagian. 
4. Memberikan Kenyamanan kepada Pelanggan
Di tengah kesibukan menjalankan rutinitas, sebagian orang mungkin tidak sempat pergi ke suatu tempat untuk membeli sesuatu. Bisnis digital mampu memberikan solusi untuk permasalahan ini. Ya, bisnis digital menawarkan kenyamanan yang lebih kepada pelanggan. 
Misalnya, kita bisa membeli novel kesukaan kita dalam bentuk digital secara online. Selain tidak perlu repot ke toko buku, Kita cukup membuka handphone untuk membaca novel tersebut. Praktis, bukan?
5. Potensi Penghasilan Tanpa Batas
Inilah yang terpenting. Bisnis digital yang dipasarkan secara online memiliki potensi penghasilan tanpa batas. Bayangkan jika pelanggan Anda berasal dari seluruh dunia. Tentu omset penghasilan Anda akan semakin berlipat ganda.
 
Beberapa ide bisnis digital yang sangat potensial:
1. Berjualan di E-commerce atau Marketplace
E-commerce adalah penyebaran, penjualan, pembelian, serta pemasaran barang atau jasa yang mengandalkan sistem elektronik, seperti internet, TV, atau jaringan teknologi lainnya.Marketplace adalah suatu platform dimana memiliki tugas sebagai perantara antara penjual dan pembeli untuk melakukan proses transaksi produk secara online. 
Marketplace atau pasar daring juga menyediakan berbagai fasilitas seperti metode pembayaran, estimasi pengiriman, pemilihan produk sesuai kategori, dan fitur yang lainnya.Seringkali, orang menyamakan bahwa e-commerce adalah marketplace. Padahal keduanya adalah dua hal yang berbeda. Marketplace sendiri merupakan salah satu model dari e-commerce.

2. Membangun toko online
Membangun toko online adalah membuat sebuah website atau platform sebagai sarana bagi transaksi pembelian produk secara online. Produk yang ditawarkan dapat berupa barang ataupun jasa yang dibutuhkan oleh konsumen. Terdapat beberpa kelebihan dari membangun Toko Online ini, kelebihan tersebut adalah :
  • Pertama, toko online dapat dibuat dengan tampilan yang BEDA dan UNIK. Baik dari sisi branding maupun kepercayaan pelanggan. Kita bisa dengan leluasa mengatur bagaimana produk akan ditampilkan. Selain itu, kemampuan mengelola toko online dengan baik menunjukkan kita seorang penjual yang berpengalaman. Kesan ini kurang bisa muncul ketika bergabung ke marketplace.
  • Kedua, Kita tidak tergantung dengan pihak lain. Dengan memiliki toko online sendiri, kita memiliki kendali penuh untuk menyelesaikan setiap permasalahan mungkin muncul. Selain itu, kita juga bisa mengembangkan bisnis kia sesuai yang kita rencanakan.
  • Ketiga, membuat toko online sendiri adalah mudah. Tanpa keahlian pemrograman pun kita mampu membuat sebuah toko online yang profesional. 
3. Menekuni Bisnis Afiliasi
Afiliasi adalah kegiatan memasarkan barang milik orang lain dengan imbalan berupa komisi. Secara singkat, cara kerja afiliasi terbagi menjadi tiga bagian. 
  • Pertama, Kita mendaftar pada sebuah program afiliasi dan kemudian mendapatkan kode referal atau tautan khusus. 
  • Kedua, Kita memasarkan produk tersebut menggunakan website atau media sosial Kita. 
  • Ketiga, pada saat ada pembeli yang menggunakan kode yang Kita berikan atau mengikuti tautan yang Kita sarankan, Kita akan mendapatkan bagi hasil pendapatan.
4. Mencoba Bisnis Dropship
Dropship adalah bisnis digital yang memungkinkan Kita menjual suatu produk tanpa memikirkan gudang dan pengiriman barang. Jadi, Kita cukup mengkitalkan kemampuan menjual Kita saja. Inilah yang paling membedakan antara dropship dengan reseller. 
Selain itu, dropship juga berbeda dengan afiliasi. Di bisnis affiliasi, tugas kita adalah seorang marketer yang menawarkan suatu produk, di bisnis dropship, Kita benar-benar menjual barang tersebut dan menerima uang dari pembeli. 
Keuntungan bisnis dropship berasal dari selisih uang yang Kita terima dari pembeli dengan jumlah uang yang Kita bayarkan kepada produsen barang. 
Satu hal yang paling unik dari dropship adalah produsen lah yang bertugas mengirimkan barang kepada konsumen. 
Singkatnya, dropshipper bertugas sebagai penghubung antara penjual dan pembeli barang.

5. Membangun Blog/Website
Jika Kita sudah memiliki blog, pastikan Kita memiliki konten menarik yang mampu mendatangkan pengunjung. Jika belum, Kita bisa membuatnya terlebih dahulu dengan mengikuti pelatihan yang sesuai.
Langkah selanjutnya yang perlu Kita lakukan adalah menjadikan blog Kita tersebut sebagai sumber penghasilan. Caranya? Kita bisa menyewakan space (ruang) di blog Kita untuk iklan
Semoga bermanfaat!!!
Sumber: niagahoster.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Lima Perkara Yang Tidak Boleh Ditunda Tunda

Oleh: Winarto Setiap manusia memiliki takdir kematian yang tidak mengenal usia muda ataupun tua. Tidak pula mengenal jenis kelamin baik pere...