Selasa, 12 April 2022

Strategi Meningkatkan Bisnis

Oleh winarto
Ide kreatif di awal bisnis saja tidak cukup untuk membuat sebuah bisnis berkembang dan bertahan lama, apalagi di tengah situasi pandemi. Diperlukan strategi dan terobosan bisnis yang efektif, agar bisnis yang kita jalankan dapat berkembang dengan baik. Kini, bisnis bisa bertahan jika mereka dapat menggaet konsumen dengan cara yang menarik sambil terus meningkatkan kualitas produk dan layanan.
Apapun jenis bisnis yang dijalankan dan seberapa besar bisnis telah berkembang, strategi berbasis digital sangat diperlukan agar performa dan keuntungan dapat meningkat dengan baik. Lalu, apa saja yang bisa dilakukan?
Pembaruan dan Inovasi Produk dan Layanan
Ide dan kreativitas memiliki peran penting dalam bisnis agar dapat terus berkembang. Meningkatkan atau mengganti strategi penjualan berbasis teknologi dapat membuat bisnis berjalan lebih efisien dan produktif.
Namun, upaya inovasi bisnis harus dilakukan dengan hati-hati. Jika tidak, ada potensi kegagalan dan risiko kehilangan pangsa pasar, turunnya produktivitas dan efisiensi, kehilangan keuntungan, hingga kebangkrutan. Jadi, sebelum melakukan kebaruan dan inovasi, penting untuk melakukan analisis pasar dan melihat peluang yang ada.
Manfaatkan Media Sosial untuk Branding
Branding dan reputasi merupakan dua alasan seorang pelanggan untuk tetap setia dalam menggunakan layanan atau membeli barang di sebuah perusahaan. Di era digital ini, cara paling praktis dan relatif mudah adalah dengan membentuk citra yang baik dan “segar” melalui media sosial.
Tak dapat dimungkiri, media sosial menjadi salah satu tempat favorit masyarakat untuk melakukan aktivitas jual beli. Jadi, upaya untuk membentuk citra atau reputasi yang baik melalui media sosial juga akan membantu meningkatkan penjualan produk Anda.
Ciptakan Kolaborasi Strategis
Harus diakui bahwa sebuah bisnis pasti memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Karenanya berkolaborasi dengan pihak lain dapat mengisi kekurangan dan memberi nilai tambah bagi bisnis Anda. Kolaborasi juga memiliki potensi untuk menggaet pelanggan dari mitra kerja dan menambah pendapatan.
Adakan Diskon dan Penawaran Gratis
Meski terkesan memotong harga dan mengurangi keuntungan, ternyata diskon dan penawaran gratis memberi keuntungan pada perusahaan. Semua orang senang kata ‘diskon’ dan ‘gratis’. Merujuk laman Entrepreneur Asia Pacific, setidaknya ada lima keuntungan jika sebuah bisnis memberikan diskon pada pelanggan. Di antaranya, menarik pelanggan dan review, mengurangi inventaris atau stok barang, meningkatkan penjualan, mencapai target penjualan, dan meningkatkan reputasi bisnis.
Memberikan pelayanan atau barang yang berkualitas dan diiringi dengan diskon akan memancing pelanggan untuk membeli. Setelah itu ia akan memberi tahu kerabat atau temannya tentang diskon yang Anda berikan. Dengan begitu, diskon juga membawa exposure dan meningkatkan traffic pada web atau media sosial bisnis Anda.
Buat Brand Story
Semua pengusaha pasti memiliki cerita mereka masing masing. Mulai dari bagaimana perjuangan membangun bisnis, mengapa memutuskan memilih bisnis yang dijalankan, hingga cara membangun dan mempertahankan bisnis mereka. Cerita ini bisa dibangun dan menjadi narasi untuk brand story.
Membagikan kisah-kisah inspiratif tidak hanya baik untuk para pembaca atau pendengarnya, tetapi juga dapat menumbuhkan dukungan dan menciptakan hubungan emosional dengan pelanggan. Brand story bisa membantu menandai dan membedakan perusahaan Anda dengan pesaing dan membangun kepercayaan, serta loyalitas pelanggan.
Semoga bermanfaat
Sumber: kumparan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Lima Perkara Yang Tidak Boleh Ditunda Tunda

Oleh: Winarto Setiap manusia memiliki takdir kematian yang tidak mengenal usia muda ataupun tua. Tidak pula mengenal jenis kelamin baik pere...